Mentoring

Perkembangan globalisasi dewasa ini mengharuskan setiap perusahaan berkompetisi untuk mendapatkan karyawan kompeten yang berpengaruh terhadap peningkatan perusahaan. Sumber daya manusia menjadi asset penting yang menentukan laju pertumbuhan perusahaan, sehingga proses rekrutmen karyawan dirancang secara efektif dan efisien sesuai kebutuhan perusahaan. Akan tetapi, dalam perkembangannya, input karyawan yang diasumsikan sama sekalipun pada waktu proses rekrutmen, belum tentu menghasilkan keluaran atau output yang sama. Oleh karena itu, diadakan pengukuran atau performance appraisal untuk mengetahui kinerja karyawan. Hasilnya, dapat dilihat dengan adanya karyawan yang memiliki kinerja yang sesuai target perusahaan, cukup memuaskan, maupun kurang dari target yang telah ditentukan oleh perusahaan. Proses pencapaian hasil atau target yang beragam membuktikan bahwa karyawan membutuhkan penyeimbang yang diharapkan mampu mengeliminir kesenjangan hasil pencapaian target.

 

Mentoring sebagai salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan mengeksplorasi sejauh mana kinerja karyawan dari indikator keberhasilan pencapaian target serta permasalahan yang menghambat optimalisasi kinerja. Sehingga, dapat diketahui kebutuhan masing-masing karyawan dan metode yang tepat bagi setiap karyawan untuk memperoleh hasil maksimal. Mentoring dilakukan oleh pihak yang mengenal karakteristik kerja karyawan yang didampingi tetapi tidak memiliki otoritas langsung dan keterlibatan emosional pekerjaan. Rekan sekerja atau atasan tidak langsung dapat menjadi mentor bagi karyawan yang memiliki kinerja yang perlu ditingkatkan. Hal tersebut yang menjadi kelebihan mentoring dibanding metode yang lain sebagai proses pembelajaran untuk membantu meningkatkan kinerja karyawan. Akan tetapi, tidak semua karyawan yang memiliki kinerja yang sesuai target perusahaan dapat berperan sebagai mentor karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan yang cukup sebagai seorang mentor. Untuk itulah perlu diadakannya Pelatihan Mentoring bagi karyawan guna meletakkan kembali atau reframing analisis jabatan dan pencapaian target perusahaan.

Pelatihan Mentoring dilakukan dengan tujuan melatih karyawan yang dapat berperan sebagai mentor dan memfasilitasi karyawan lain yang ditunjuk, sehingga:

  1. Karyawan dapat mengeksplorasi sejauh mana kinerja yang telah dilakukan dalam pencapaian target yang telah ditetapkan perusahaan
  2. Karyawan dapat mengetahui tantangan dan hambatan yang muncul
  3. Mengetahui kebutuhan karyawan untuk mengoptimalkan hasil
  4. Meningkatkan kinerja dan mencapai target perusahaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: